Sunday, September 15, 2013

Terlena Dengan Kanker



………….rasa sakit bisa timbul karena beberapa sebab ; menjelang/sedang menstruasi, stress, kelelahan fisik, salah makan dan terjadi saat pakai alat. Kalau terjadi saat menstruasi memang tidak dapat dihindari, kalau terjadi karena sebab yg lain, coba dilakukan : istirahat yg cukup, menenangkan fikiran, menghindari makanan yg menyebabkan rasa sakit dan alat diistirahatkansementara waktu, konsumsi obat pereda nyeri jika dibutuhkan untuk mengurangirasa sakitnya………


Demikian sms balasan dari mba Desy, terapis ECCT, setelah beberapa menit yg lalu aku konsultasi karena beberapa hari ini benjolanku terasa sakit. Disentuh atau tanpa disentuh.


Aku dan suami berdiskusi panjang lebar, buka hanya tentang kanker ku, tapi lebih banyak tentang kekhawatiranku mengenai anak2. Kalau Allah memanggilku dalam waktu dekat, gara2 beberapa hari benjolanku terasa sakit, kasihan anak2…..mereka belum mandiri. Betapa susah payahnya mereka dalam mempersiapkan masa depannya. Tanpa ibu.


Scanning terakhir tgl 2 agustus sebelum lebaran, hasilnya sangat menggembirakan. Tinggal 0,1 %. Alhamdulillah.

Apalagi pak Warsito bilang, benjolannya sudah tidak ganas. 
Semakin membuat aku terlena. Rompi kadang dipakai, kadang engga. Makanan yg biasa dipantang, sikat semua. Biasanya kalau mau marah, ditahan dan banyak istighfar, akhir2 ini marah2 melulu.

Akibatnya, beberapa hari ini, benjolanku  panas dan sakit. Seperti disilet, pelan2, terus menerus.

Kalau aku sampai menangis, bukan karena rasa sakit itu, tapi karena membayangkan ajal sudah dekat, lalu bagaimana anak2…….kemrungsung…..akhirnya nangis.


Alhamdulillah, ketika aku menulis ini, rasa sakit itu sudah jauh berkurang. 
Resepnya ternyata gampang, banyak istighfar.  Kalau sudah ngga tahan sakitnya, ngaji. Ngaji terus, sampai lupa rasa sakitnya. Jangan biarkan rasa sakit itu menguasai pikiran.



Ya Allah, terimakasih atas kanker ini, beri aku kekuatan dan keikhlasan menjalaninya.   
Kalau aku ingin sembuh, bukan karena aku menolak ‘nikmat sakit’ tapi aku tidak ingin melihat orang2 yg menyayangiku sedih.

5 comments:

  1. Mbak,gmn kbar_a skrg?
    Saia udh bc crita2 mbak,,saia sgt t'tarik u' k0nsultasi ke DR.Warsito.tp saia jg brada ckup jauh dr jakarta.jd saia mw konsultasi dr mbak_a dlu nih.yg mw saia tanyakn :
    1.apakah stiap kali mw konsultasi hrus dtg dan b'tatap muka lgsg mbak?
    2. rincian biaya_a gmn y mbak?
    3.soal mbak_a nih,mbak ani udh brapa lama trapi_a?menurut crita mbak tgl 15sept ni,bnjolan'a trasa sakt lg y mbak,knp?pdhl dr crita sblum_a mbak udh menunjukkn progres yg bgus.
    4.pa ja pntangan-a mbak,slma m'jalani terapi,mbak?
    5.slama menjalani trapi,mbak dpt kn data p'kmbangan hasil drmn y mbak?mbak da cek p'kmbangan_a mbak dt4 lain gak?

    Sblum_a trima kasih bnyak mbak?smg mbak dberi ksbaran m'jalani_a.dan bs smbuh total y mbak.aamiin.

    ReplyDelete
  2. Assalamualaikum mas Ardhi. Alhamdulillah saya cukup sehat hehee....
    Saya coba sharing apa yg saya tahu ya mas....
    1. Konsultasi bisa tatap muka langsung atau by sms. Kalau saya tiap bulan ke klinik, itu karena saya pengen tahu perkembangannya aja mas. Karena alat scanning, yg menurut saya canggih, hanya ada di klinik.
    2. rincian biaya......sewa alat = 4,25 jt, deposit = 850rb....plus lain2, totalnya 5,25jt
    3. iya mas, memang benjolan yg dulu2nya sangat bersahabat, tiba2 sakit sampai saya kesakitan. Lalu saya coba konsultasi by sms, dari penjelasannya lalu saya introspeksi, sangat mungkin karena saya stress. Setelah capek ngurusin reuni akbar tgl 7 september, ternyata ada masalah yg cukup berat dirumah. Dan saya lepas kontrol, kurang sabr dan ga bisa kontrol emosi.
    4. Mungkin saya sebagian kecil atau mungkin satu2nya pasien DR Warsito yg tidak mengkonsumsi herbal, hanya bekatul karena serat tinggi nya. Pantangan makanan sudah saya posting, itupun saya tidak terlalu diet keras. Kayaknya yg penting jangan stress dan kecapekan yg sampai menurunkan stamina.
    5. Perkembangan terapi saya dapat dari hasil scanning mas. Yg bulan ini selalu dicompare dengan bulan lalu, demikian seterusnya.
    Sampai saat ini saya tidak pernah periksa ditempat lain. Rencananya pada saat mencapai angka 0 % saya akan periksa secara medis.
    Semoga bermanfaat ya mas....Salam buat keluarga

    ReplyDelete
  3. Sblum_a mkasih bnyak y mbak ats informasi_a..
    Mav ni mbak,saia ngrepotin mw tny2 lg mbak..blh kn?
    Mbak,ptama x tw kna kanker dr pemeriksaan sndri kn mbak?
    Gni mbak,saat mandi,saia cb periksa PD saia(oy,mav mbak,sbner_a saia ni perempuan mbak,pke akun miswa,hehe)
    jd saia ngrasa sperti bnjolan gt kra2 sbesar guli kecil gt mbak,tp gak bulat,agak mruncing gt,trus kulit PD keatas trasa agak kras gt(wlau dah googling2 soal tnda2 kanker PD,tp msh ragu)mw periksa ke doktr tkut mbak,,smentara ni saia mkan herbal yg kta_a org2 bs menyembuhkn.
    Yg mw saia tnya,,bnjolan yg mbak alami ptama x tu kelhatn keluar g mbak?atau karena trasa jika dpegang ja mbak?
    Bgus_a periksa_a ke doktr pa y mbak?
    Sp.Bedah onko/ sp.obgyn (k) onko/ sp. Patologi anatomi y mbak?pemeriksaan payg lbih akurat y mbak..

    Soal DR. Sarwito ntu,sepupu da yg jg yg kena kanker PD st. IV, kndisi_a skrg bs dblang hny tbaring ja,b'tmpat tnggal dsumatera utara,kalo hrus dtg lgsg ke jakarta,rasa2nya tdk memungkinkan.gmn cra_a jikamw brobat sm bliau ymbak
    Trma ksh bnyak y mbak.
    Mav ni bnyak tnya.

    ReplyDelete
  4. Walah....dengan nyonya Ardhi ya hehee....
    Saya jawab satu2 ya mba,
    1. Pertama saya tahu ada benjolan setelah saya raba. Klo ga diraba, ga kelihatan mba. Setelah diperiksa tyt ga ganas. Lalu saya minum herbal dr Surabaya. Makin lama benjolannya mengeras. Ke dokter lagi, baru ketahuan klo kanker. Itupun pada pemeriksaan mammo dan USG, belum ketahuan. Baru setelah di biopsi, kankernya terdeteksi mba.
    2. Tanda2 kanker saya upload fotonya di postingan sebelumnya. Coba dilihat postingan saya "SEKITAR KANKER PAYUDARA"
    3. Klo saya ke dokter onkologi mba.
    4. Untuk kasus sepupunya, saya pernah ketemu mbak2 yg datang konsultasi dengan membawa hasil pemeriksaan medis punya budhe nya yg tinggal di Jogja. Jadi sepupunya ga usah datang, diwakilkan saudaranya dgn membawa hasil pemeriksaan medis terbaru milik sepupunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mkash bnyak y mbak,lain wktu blh y saia tny2 lg y mbak.
      Mbak jg ttp sharing perkembangan_a y..
      Smg lekas smbuh y mbak.
      Ttp smangt.slam u' keluarga y mbak. :-)

      Delete