Friday, August 28, 2015

Sehat itu pilihan. Sakit itu hadiah

Awalnya blog ini aku buat, terinspirasi blog seorang pasien kanker, yg di endingnya sang suami meng-update ketika beliau akhirnya meninggal. Niatnya agar kalau aku meninggal, anak2ku bisa membaca perjuangan ibunya. In shaa Allah akan menjadi warisan yg lebih berharga dari apapun
Ternyata diperjalannya, justru aku mendapatkan banyak support dari pembaca blog.   Subhanallah
Banyak support melalui komen langsung, email, telp, sms atau facebook. Meskipun sebagian besar berisi pertanyaan, tetap semua itu merupakan support buat aku.
Karena aku ingin menjadi jawaban bagi pertanyaan teman2. Aku tidak boleh menyerah, karena aku tidak ingin teman2  menyerah.
Terus berbagi semangat, saling berbagi. Karena semangat/keyakinan itu setengah dari kesembuhan.Semangatku bukan semangat yg bergelora, harus sembuh. Semangatku adalah semangat yg ikhlas. Apapun hasilnya.
Alhamdulillah...sekarang aku dinyatakan bersih. Meskipun benjolannya tidak dioperasi. Sel kanker tetep ada, tapi tidak ganas lagi. Dan ternyata semua orang memiliki sel tersebut, hanya ada yg abnormal dan yg normal.

Rasa terimakasihku mungkin hanya sebatas lisan atau tulisan, tapi in shaa Allah balasannya akan lebih indah. Karena datangnya dari Allah, itu yg aku selipkan dalam doa2ku. Trimakasih dan cinta yg tulus buat semua yg telah mensupportku, bahkan ikhlas mengirimkan doanya.
Alhamdulillah Allah mengirimkan mereka dalam hidupku.
Khususnya kepada bapak, yg selalu menyebut aku sebagai malaikatnya, sebetulnya beliaulah malaikat buat aku. Juga malaikat kecilku, Kaela. Merekalah yg selalu mengingatkan aku, ketika semangatku mulai drop. Merekalah yg setia disampingku dan menguatkan aku, ketika aku mulai kecapekan menahan sakit.
Trimakasih Ya Allah, Kau telah mengirimkan malaikat2 pelindungku.

Lucunya, bahkan ketika aku sudah dinyatakan bersih, banyak yg menyarankan pengobatan kanker atau untuk mencegahan kanker. Suka bingung menjelaskannya.
Takut tersinggung.
Padahal aku tau, niat mereka tulus.
Sebetulnya setiap mendapat informasi, dari siapapun dari manapun, aku selalu mengkonsultasikan dengan p. Warsito. Kalau beliau tidak menyarankan, ya aku harus patuhi. Karena beliaulah yg paling mengerti tentang pengobatan secara fisika ini.
Tapi beliau selalu menyarankan untuk melakukan tes lab untuk second opinion. Itu membuat aku semakin yakin.

Sebetulnya, pengobatan secara fisika atau kimia/medis, endingnya sama. Setelah dinyatakan bersih, tetep kontrol dan merubah pola hidup.
Secara kimia/medis, akan melalui proses operasi, kemmo, radiasi, lalu dinyatakan bersih kalau berhasil. Lalu tetep minum obat kanker dan kontrol.
Secara fisika, menggunakan rompi atau bentuk lain sesuai letak kanker, lalu dinyatakan bersih kalau berhasil. Lalu tetep pakai rompi dan kontrol.

Jadi 'obat anti kanker'ku adalah rompi. Sekarang aku harus pakai 4 jam 4 hari seminggu. 6 bulan lagi aku harus kontrol. In shaa Allah frekuensi pemakaiannya terus berkurang.
Pantangannya pun tidak terlalu 'istimewa' yaitu seafood, stress dan terlalu capek. Sepertinya untuk yg ingin selalu sehat pun akan menghindari hal2 tersebut.
Satu pantangan yg agak surprise, tidak boleh di pijat, bekam, akupunktur. Mungkin agar sel kanker yg sudah jinak, tidak terganggu. Lain kali ini akan aku konsultasikan.
Sedangkan yg dianjurkan untuk dikonsumsi pun cukup 'standar' yaitu sayur, buah, makanan padat gizi, vit.C, putih telur, ikan, daging ayam kampung. Ga perlu diet yg bikin stress kan....Tambahan nutrisinya, bekatul, air kelapa hijau, teh hijau, cuka apel, vco.
Awalnya aku berusaha memenuhi semua yg dianjurkan, ternyata selain kekenyangan, lama kelamaan aku mulai bosen. Stress tiap mau makan.Akhirnya aku lebih santai, apa yg ada lalu dipilih, mana yg boleh dikonsumsi. Baru aku makan.Tapi untuk pantangannya, aku sangat disiplin untuk menghindari. Karena aku ga mau konyol.

Hal itu mungkin juga bisa dilakukan oleh temans yg merupakan resiko tinggi menderita kanker. Yaitu,yg sembuh dari kanker seperti aku, dan yg dalam keluarganya ada yg menderita penyakit kanker.Waspadalah....heheee.....


Hidup sehat itu pilihan. Sakit itu hadiah dari Allah.Bersyukurlah. Dan tetap semangat dalam berikhtiar. Semoga temans yg masih berjuang diberi kekuatan dan keikhlasan. Aamiin.


9 comments:

  1. Mba gimana kabarnya apakah sudah membaik ? Bagaimana untuk yang terkena kangker limfoma (ada benjolan d perut) kbetulan ibu saya terkena penyakit tersebut dan saat ini sudah stadium lanjut apakah bisa ditangani di klinik DR warsito, terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  2. Assalamu alaikum mas....Alhamdulillah saya sudah dinyatakan sbg survivor kanker. Jadi kanker saya sudah 'aman'.
    In syaa Allah ibunya bisa dibawa ke p Warsito. Lebih cepat lebih baik.
    Semoga ibunya tetep semangat dlm ikhtiar. Terutama keluarga yg mendampingi beliau. Salam buat ibunya ya mas.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak minta alamat nya dr warsito nya ...suami saya kena kanker kerongkongan

      Delete
    2. Mbak minta alamat nya dr warsito nya ...suami saya kena kanker kerongkongan

      Delete
  3. Alhamdullilah ya mbak, mau tanya mbak ibu saya terkena kanker payudara tetapi blum operasi dan saat ini sudah membesar,pd awal stadium dianjurkan segera operasi ke dokter.
    Utk klinik ke dokter warsito apakah kita perlu rujukkan atau periksa rumah skt terlebih dahulu atau bisa periksa lsng ke klnik p warsito,terima ksh

    ReplyDelete
  4. Alhamdullilah ya mbak, mau tanya mbak ibu saya terkena kanker payudara tetapi blum operasi dan saat ini sudah membesar,pd awal stadium dianjurkan segera operasi ke dokter.
    Utk klinik ke dokter warsito apakah kita perlu rujukkan atau periksa rumah skt terlebih dahulu atau bisa periksa lsng ke klnik p warsito,terima ksh

    ReplyDelete
  5. Minta alamatnya dr warsito bisa tidak.saya coba sana..suami saya kena kanker kerongkongan.terima kadih

    ReplyDelete
  6. Ibu Agus Sumitro....maaf baru bisa buka laptop. Sebetulnya komen nya terbaca di hp, tp hp saya ga bisa buat bales langsung.
    Mohon maaf yg sebesar2nya...Semoga suaminya baik2 saja.
    Alamatnya sebetulnya ada di artikel sebelumnya di blog ini mba...ini no telp nya 021.5529929

    ReplyDelete
  7. Assalamualaikum mba Dani.....gimana kondisi ibu?
    Ke klinik p Warsito bisa langsung. tapi kalau ada hasil usg atau yg lainnya lebih bagus.
    Ayo mba...lebih cepat lebih baik, karena sel kanker berkembang setiap detik lo. Salam buat ibu yaa....selalu ikhlas dan tetep semangat

    ReplyDelete