Tuesday, June 18, 2013

Jaga Stamina plus No Stres

Semenjak ada anggota badan baru, KANKER, aku semakin rajin browsing.  Tentang 'kehidupan' kanker, tentang yg menghambat pertumbuhannya ( yg dianjurkan ) dan tentang yg mempercepat pertumbuhannya ( pantangan ).

Aku mencoba mencari dari beberapa artikel di internet.....
Ada beberapa makanan yg menjadi pantangan bagi penderita kanker...
durian, duku, kelengkeng, anggur, nangka, nanas, kopi, softdrink, es, cabe, makanan yg dibakar,seafood, ikan asin, daging, jengkol, sawi putih, tauge, pewarna, pengawet, penyedap....
Tidak berpantang sama sekali, tapi sangat mengurangi dan mencoba menghindari.

Aku juga mencari tau tentang hal2 yg harus dilakukan penderita kanker, agar mempercepat proses pertumbuhan.  
Yaitu TIDAK BOLEH  TERLALU CAPEK dan TIDAK BOLEH STRES.




Olahraga. Ya olahraga, supaya bugar, ngga gampang capek, dan menjaga stamina.  Olahraga tapi tidak boleh terlalu banyak juga, supaya tidak terlalu capek.
Aku yg nyaris sama sekali ngga pernah olahraga, terpaksa wajib olahraga tiap hari. Apalagi badanku termasuk golongan GEMUK.  Gemuk termasuk pantangan bagi penderita kanker. 

Sejauh ini aku memang cukup  bugar.
Tapi ketika mendengar ada saudara yg penderita kanker paru-paru, demikian ringkih fisiknya, sehingga ketika mencoba terapi kanker, beliau tidak kuat dan pingsan. Dicoba lagi pingsan lagi. Dicoba lagi pingsan lagi. Tampaknya saat ini beliau hanya 'menunggu'....
Tidak ingin mengalami hal itu, aku berusaha mempertahankan stamina, bahkan kalau bisa meningkatkan.
Kanker adalah sel normal yg berkembang abnormal. Karena perkembangannya demikian cepat, butuh stamina yg lebih untuk 'menghadapinya'

Mulailah dari sekarang dan istiqomah.....POLA  HIDUP  SEHAT.  Istirahat cukup, makan makanan sehat, olah raga cukup.  Dan jangan stres !!

No comments:

Post a Comment