Friday, May 24, 2013

Benjolan akibat Seksio Caesar


Jangan salah sangka, benjolan di perut bukan hamil lo....tapi memang ada hubungannya dengan kehamilan.

Pada saat melahirkan si cantik, aku harus melahirkan melalui operasi cesar. Operasi cesar untuk yang kedua kali. Kakaknya dulu juga lewat operasi cesar.
Sejak kehamilan bulan ke-8, dokter sudah mendeteksi kalau bayinya sungsang. Bokongnya ada dijalan keluar. Nungging.
Dokter berusaha memutar posisi bayi, tapi tidak berhasil. Akhirnya jadwal operasi ditentukan. 17 agustus 2005.


Mungkin karena kurang menjaga kebersihan, jahitan di perutku timbul benjolan. Bahkan diujung bawah jahitan ada 'bolong' yang selalu berair.
Aku merawat si cantik, sendirian. Tanpa pembantu.
Memandikan, mencuci bajunya, dll. Sering kali aku baru sempat sarapan pada jam 11.
Mungkin pada saat aku berkeringat, aku ngga langsung ganti baju. Karena repot, atau terlalu capek. Sehingga luka jahitan diperut infeksi, dan timbul benjolan.

Dengan menggendong si cantik, aku kontrol ke dokter. 
Aku masuk ke ruang periksa, sendirian. Si cantik dipangku papanya, di mobil. 
Ketika dokter mulai memeriksa, aku minta dibius. Karena menurut dokter, harus dibersihkan.
"Ya" kata dokter.
Sementara menunggu biusnya, dokter memeriksa benjolannya. Dua didalam kulit. Satu sudah terbuka, diujung bawah jahitan.
Tiba-tiba........"Dokteeerrrrr"  aku teriak sambil memegangi tangan dokter.
Tanpa ba bi bu,  dokter memencet benjolan yg didalam. Secara manual. Maksudku tanpa bius.
Sakitnya.........lebih sakit dari melahirkan.
Lagiiii.........benjolan kedua, sakitnya tidak berkurang......sakiiitttttt.......
"Selesai. Tinggal yg bawah. Ga sakit koq"....kata dokter.
Memang tidak sakit kayak yang pertama, tapi tetep aja.....sakiiitttt.....

Selesai. 
Aku keluar dari ruang periksa, masih lengkap dengan airmata sisa menangis.  Bodo amat.....lupa sama yang lain. Yang ada, cuma sakit.  Sampai rumah pun, sakitnya masih terasa. 
Ya Allah, semua terjadi atas kehendakMu. Ampuni dosaku Ya Allah.

6 comments:

  1. ak juga ada benjolan di luka bekas cesarku. Jadi apa yang sebenernya yang ada di dalam benjolan tadi mbak? dan setelah dikeluarkan dokter apakah sekarang sudah sembuh total?

    ReplyDelete
  2. klo saya ditanya ttg benjolan tsb, saya ga tau mba.....sebaiknya mba candra periksa ke dokter kandungan utk memastikan....klo saya dulu, setelah dibersihkan, alhamdulillah sembuh total....tapi keponakan saya, harus beberapa kali ke dokter utk dibersihkan, saya ga tahu kenapa.....

    ReplyDelete
  3. wah pengetahuan baru ni, makasih ya infonya

    http://obatalami21.com/obat-alami-benjolan-di-perut/

    ReplyDelete
  4. saya juga ada benjolan tapi itu didalem kira" itu apa yaaa ??

    ReplyDelete
  5. Sy jg ad benjolan tp didlm.petut diatas bekas oprasi sy tp Klu sy tekan rs nya mau muntah .itu ap ya....

    ReplyDelete
  6. Saya jg ada benjolan didalam kulit/daging selepas sesar...
    Kl ditekanpun g sakit.kok ngeri ya baca pengalaman bunda2 disini.penyakit apakah ini?ya Allah pdhl bayi saya masih usia 33 hari...

    ReplyDelete