Saturday, May 25, 2013

Benjolan itu bernama Kista Bartholini


Kista ini terletak dibibir vagina. Ketika kecil tidak akan terasa jika tidak diraba. Dan tanpa gejala apapun.
Hanya pada saat terjadi peradangan, biasanya karena bakteri, maka timbul rasa sakit di selangkangan. Buat duduk sakit. Bahkan bisa sampai susah untuk berjalan.

Awalnya, benjolan di bagian dalam bibir vagina sebelah kanan ini, teraba pada saat aku mencoba tes IVA ( Individual Valuntary Arrangement ). Biasanya aku melakukan Pap Smear, mereka hanya mengambil cairanya untuk diperiksa. Pada tes IVA, vagina dibersihkan dan jika perlu baru disarankan Pap Smear. Kalau aman, tidak akan direkomendasikan.
Dari tes IVA lah, ditemukan benjolan disisi kanan bibir vagina. Kata bu bidan, "Segera dibuang aja. Nanti kalau semakin besar, semakin sakit proses pengangkatannya"
Tapi dasar aku, karena merasa tidak ada keluhan, dicuekin aja.

Setelah hampir dua tahun, tiba-tiba aku merasakan sakit sekali di selangkangan. Susah buat jalan, buat duduk sakitnya setengah mati. Gawatnya, pagi itu aku harus mengantar sekolah pakai motor.
Kebayangkan, sakit diselangkangan, harus naik motor.....hedehh.....aku terpaksa duduk agak miring. Dan setengah berdiri. Karena sakitnya ngga ketulungan.
Dari hasil browsing, katanya keluhan seperti itu bisa dikurangi gejalanya dengan berendam air hangat.
Maka aku rajin berendam air hangat setiap mau mandi. Alhamdulillah sakitnya berkurang, dan berangsur menghilang.

Setahun kemudian, aku merasakan sakit diselangkangan. Seperti dulu.
Kali ini aku memeriksakan ke RS Panti Rapih. Dokternya perempuan. Sayangnya, sebagai sesama perempuan, dokter tersebut kurang teliti. Meskipun sudah menggunakan USG.
Dokter hanya bilang, sepertinya tadi ada radang, tapi radangnya sudah sembuh. Aku hanya ditawari vitamin aja. Padahal buat duduk aja, sakitnya minta ampun.

Kecurigaanku terbukti, beberapa bulan kemudian, ada benjolan dibibir vagina sebelah kanan. Meskipun tidak sakit, tidak mengganggu, tapi lama2 mengeluarkan bau yang kurang sedap.
Oh yaa...aku masih rajin berendam air hangat setiap mandi.
Kali ini aku curiga, jangan2 ada kanker di perutku.....
Aku periksa ke RS PKU Muhammadiyah. Dokternya perempuan dan cantik, secantik nama penyakitnya KISTA BARTHOLINI. Dan sangat teliti, tidak seperti dokter perempuan yang dulu memeriksa.
Aku sempat bertanya, kenapa bisa ada benjolan? kenapa bau? Menurut dokter, di sekeliling bibir vagina itu jaringan, jika jaringan tersebut tersumbat, maka timbullah kista. Jika terkena bakteri, timbullah radang. Kenapa tersumbat, salah satunya karena pemakaian celana ketat. Hati2 buat yang masih suka pakai celana ketat.....
Kenapa bau? Ternyata dari cairan didalam kista. Mungkin karena aku sering berendam air hangat, kista itu nyaris tidak pernah radang dan menimbulkan rasa sakit, dan kistanya sudah membuka dan mengeluarkan cairannya. Tau2 membesar dan bau.

Setelah diperiksa, dokter menyarankan segera dibuang benjolannya. Operasi kecil. Oneday care.
Karena waktu itu masih pagi, aku minta dioperasi hari itu juga. Kebetulan aku belum sempat sarapan, jadi dianggap sudah puasa. Syarat buat operasi, perut kosong minimal 6 jam.
Akhirnya aku dioperasi jam 11.00. Sempat deg2an, paranoid sama bius lokal. Alhamdulillah, dokternya sangat pengertian, karena operasi kista bartholini bisa juga dengan bius lokal. Tapi jangan ditanya sakitnya......
Proses operasi sangat cepat. Aku sadar dari pengaruh bius, ketika mendengar adzan dluhur. Alhamdulillah operasi sukses. Setelah menunggu proses pemulihan beberapa jam, aku pun bisa checkout.
Alhamdulillah ya Allah.....trimaksih sudah Kau angkat penyakitku, trimkasih buat suami yang setia mendampingi. 

Ternyata proses penyembuhannya, lebih menyakitkan dari pada operasinya. Ya iya lah, di rumah kan bebas bius, yang ada hanya obat pereda nyeri.  Tapi meskipun pereda nyeri dosis tinggi, tetep aja masih sakit. Selain lukanya, sisa benang jahitnya juga bikin sakit. Ditambah aku haid. Yaahhh......tambah ribet.
Pokoknya posisi yang paling nyaman, hanya tiduran dengan kaki ngangkang. Persis kayak orang abis disunat. Hehee....
Setelah dua kali kontrol ke dokter, alhamdulillah sebulan kemudian aku sembuh total.
Alhamdulillah.....
Meskipun aku sempat protes....Ya Allah rasanya vaginaku tidak aku pakai untuk hal2 yang ngga bener, kenapa diberi sakit ya Allah....tapi bukankah pakai celana ketat itu dilarang menurut islam? Dan dulu aku sering pakai, na'udzubillah.....
Astaghfirullahal'adzim....ampuni dosaku ya Allah, yang aku sengaja maupun yang tidak, yang tampak maupun yang tidak.....aamiiin...

202 comments:

  1. Setelah dioperasi apakh ga bs naik motor dulu?

    ReplyDelete
  2. setelah pulih, gapa naik motor mas.....saya sekarang masih sering naik motor koq. tapi klo pada saat pasca operasi, tentu ga mungkin, karena buat duduk aja sakit banget.

    ReplyDelete
  3. mba putri, mahal itu relatif yaa......saya kemarin operasi di RS PKU Muhamadiyah biaya sekitar 1 juta, oneday care. langsung pulang.
    saya baru tahu, klo kita mengurus asuransi jamkesda dg biaya 100 rb an, biaya rumah sakit bisa gratis atau minimal 50%.
    atau operasinya di rumah sakit dg kelas lbh beda.

    ReplyDelete
  4. mba ani mao tanya total biaya'a habis brp ya ?terus rs pku muhamadiyah itu alamtnya di mn ya ?

    ReplyDelete
  5. mba sari, maaf perincian biayanya saya cari udah ga ada.....tapi sekitar 1 juta an......pku muhammadiyah itu klo dari malioboro terus, lampu merah kantor pos belok kanan, ketemu lampu merah/pertigaan nah pku di kanan jalan pas tikungan.

    ReplyDelete
  6. thanks infonya mba ani :)

    ReplyDelete
  7. sama2 mba sari.....semoga bermanfaat yaa.....

    ReplyDelete
  8. Mbak ani..boleh minta nomor hp tidak? Kalau boleh minta tolong inbox ke FB nonik bunda alby.. Makasih sebelumnya....

    ReplyDelete
  9. Mbak ani benjolanya dibagian dalam ato dileher rahim ? Soalnya aku jg ada klo dimasukin jariku tp gk sakit seh cm khawatir bgt n cemas.

    ReplyDelete
  10. punya saya dibibir vagina mba.....awalnya hanya terasa klo diraba, tapi lama2 nongol gitu....klo mmg ada benjolan, dimanapun, sebaiknya segera periksa ke dokter. klo perlu ke 2 dokter, second opinition.....baru ambil tindakan, sesuai anjuran dokter. atau mau non medis.....berhati2 aja mba, tapi jgn terlalu cemas, nanti malah tambah parah hehee.....stres itu biangnya penyakit.

    ReplyDelete
  11. Kalo ke rs pku kita daftar nya di bagian penyakit / dokter apa??

    ReplyDelete
  12. ke dokter kandungan mba rizka....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf mba ani saya mau tanya, benjolanY kan di bibir miss V ya, berarti konsul ini-ituY k dokter kelamin kan?

      Delete
    2. Maaf mba ani saya mau tanya, benjolanY kan di bibir miss V ya, berarti konsul ini-ituY k dokter kelamin kan?

      Delete
  13. Kira2 benjolan d tempat seperti itu bahaya gk ya,, soalnya saya juga ada tapi d daerah anus.. Gk sakit sih tapi takut..

    ReplyDelete
  14. Sama kyak aq,,tp belum smpai berbulan2,,bgtu ada benjolan lgsung aq operasi,,,tp kecewa ny gk bsa d cover asuransi,,,cz termasuk penyakit langka dan pengecualian dlm klaim....

    ReplyDelete
  15. Itu dampaknya pada kemandulan nggak ?

    ReplyDelete
  16. mba sebelum operasi mba melakukan pemeriksaan laboratorium ngga??
    kalau iya pemeriksaannya seperti apa??

    mohon di balas mba

    ReplyDelete
  17. Mba Parni....klo benjolan di anus mungkin ambeien kali ya.....tapi klo mau pastinya, ke dokter aja mba....

    ReplyDelete
  18. mba Septania....tau ga mba, siapa yg bisa menghilangkan orang dalam 1 detik?.....orang asuransi. heheee.....just kidding.

    ReplyDelete
  19. mba Ania.....setahu saya sih ga ada dampak ke kemandulan ya.....tapi ilmu saya kan cuma hasil browsing hihiii.....smg ada dokter yg mau komen disini yaa.....

    ReplyDelete
  20. mba Putri.....saya diperiksa dokter, nunggu sebentar, langsung operasi....jadi ga pakai pemeriksaan medis yg pakai alat2 gitu......(kebetulan saya puasa ehh belum makan dari pagi)

    ReplyDelete
  21. malam mba. saya jga mengalami benda yg sama dan masih takut untuk ketemu dengan dokter O & G. hasil browsing sebelum ini menyatakan benjolan tersebut tanda kanker awal. iya lagi bikin saya panik. ): salam saya dari malaysia.

    ReplyDelete
  22. Dokter yang menangani di pku dokter sapa mbak ani. Pku Ahmad Dahlan ya mbak.
    Trimaksih

    ReplyDelete
  23. apa kabar mba Synthia.....ga usah panik lama2 mba hehee......memang ketika mengalami sesuatu yg 'istimewa' kita suka panik, wajar. tapi jangan lama2. pikiran harus kembali jernih......belum pasti juga itu kanker, tapi kita ambil misal itu kanker, maka kita harus berlomba dengan kanker.....karena kanker 'memakan' nutrisi kita, maka kita harus dalam kondisi prima ga boleh drop.....karena kanker berkembang jauh lebih cepat dari sel normal, maka kita harus cepat dalam mengambil tindakan.....katanya, sel knaker berkembang dalam hitungan detik......so, ayo mba buruan ke dokter. kita berlomba dengan kanker.....siapa cepat dia menang.....smg kita bisa mengambil hikmah dari sakit dan sehat kita.....saya tunggu kabar baiknya yaa

    ReplyDelete
  24. mas Sigit.....maaf saya koq lupa nama dokternya ya.....dokter perempuan yg waktu itu baru hamil.....di pku yg dari malioboro ke kanan itu mas.....**pku ahmad dahlan bukan ya**

    ReplyDelete
  25. Malem mba, aku juga ada benjolan dbbir vgina sblh kiri. Baru tau mlem ini dan sy lgsg kaget gini -_- tkt ada yg aneh2, krna bbrapa mnggu yg lalu pas duduk sempet sakit dan nyeri juga di area vagina. Duh gmna ya mba..

    ReplyDelete
  26. Saya juga sudah 5hari ada benjolan sebelah kanan tapi gk sakit,gimana mbk segera periksa ke dokter kh?

    ReplyDelete
  27. apakah ada alternative selain operasi?

    ReplyDelete
  28. mbak Ani, masa penyembuhan setelah operasi berapa minggu. apakah sulit beraktifitas setelah operasi?

    ReplyDelete
  29. mbak minta nomer hp nya. makasih

    ReplyDelete
  30. Mba yuli.....mmg kadang2 klo ga ada rasa sakit, kita suka remehin ya.....sebetulnya yg betul ya periksa ke dokter utk memastikan benjokan tsb apa....klo pengobatan atau terapy nya itu soal lain....

    ReplyDelete
  31. Mba suci, pemulihan pasca operasi sekitar seminggu sdh bisa lari heheee.....
    Kalau alternatif pengobatan utk kista, saya kurang tau mba..... Coba browsing.

    ReplyDelete
  32. Mba Jamilatus Sa'adah.....mohon maaf email notifikasinya nyelip.....baru kebaca. Semoga sdh sembuh ya mba.....Salam

    ReplyDelete
  33. Aku juga ada benjolan mba di bibir vagina yg bawah sebelah kanan wkt itu sempat periksa dibilang bisul terus dikasih salep ilang sendiri ...kadang juga suka muncul mba klo vagina aaku lembab ..tapi 3hari ilanh sendiri ..apa mba juga seperti itu awal nya?

    ReplyDelete
  34. punya saya, awalnya ga terlihat dan ga teraba mba....mungkin punya mba Juhana memang cuma bisul ya....

    ReplyDelete
  35. klo benjolannya sebelah kiri itu apa ya mbk?klo td kata mbk benjolannya sebelah kanan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. munculnya bisa dikanan bisa dikiri mba Renita....klo kemaren sebelah kanan, kayaknya sekarang disebelah kiri punya saya ada gejala juga....tapi saya belum cek ke dokter, krn lagi fokus sama mammae ca saya dulu....

      Delete
  36. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  37. Mba..kl boleh tau benjolannya sebesar apa? Apa bisa kempes kl tanpa operasi kecil?

    ReplyDelete
  38. hy mba ani salam kenal, sy jg ada pengalam sama ky mba thn 2012 pas mau oprasi malah disuru nunggu diruma aj dan berendam air panas 5hari kemudian pecah sendiri . dan skrg tumbuh lg besar baru deh rencana nanti rabu sy kedokter lg untuk dioprasi dan sy ganti dokter dan ruma sakit aj . yg sblmnya gak bgt deh ruma sakitnya 2x ganti tp bikin kesel .

    ReplyDelete
  39. Mbak ani saya juga ada benjolan sebelah kanan , kalo kegesek emang kerasa sakit tp kalo tidur duduk gitu ga kerasa . Apa emang harus operasi mba ?? Soalnya selain ga ada biaya juga saya takut jarum suntik . Bisa inbox cp nya buat nanya nanya

    ReplyDelete
  40. Mba Lia, benjolan punya saya sebesar kelereng. Kalau bisa hilang atau ga tanpa operasi, saya ga tau mba.... coba konsultasi sm dokter ya mba

    ReplyDelete
  41. Mba Lila....gmn hasil operasinya? Smg sdh sehat lagi ya....
    Punya saya dulu jg udah pecah mba, makanya bau. Trus dioperasi. Setelah operasi pun saya dianjurkan menekan2 bekasnya, karena kayaknya mau 'isi' lagi heheee..... kebayangkan sakitnya, bekas operasi harus diteken2 sendiri.
    Yg terjadi, menekan sambil menangis heheee....

    ReplyDelete
  42. Mba vyta, sebaiknya lebih cepat lebih baik periksa ke dokter ya....
    Biaya kan bisa pake bpjs heheee.....
    Ayo mba vyta, terus ikhtiar yaa

    ReplyDelete
  43. Salam kenal mba, sy juga sm ada benjolan d bibir vagina. Dlu prnh sempet priksa ke bidan skalian mau KB. Trs sm bidan nya d pecahin mba.. kluar nya kyk nanah gitu. Tpi lama2 ada lgi. Kdg2 sakit klo pas .mau haid. G nyaman bgt. Bentuk ny kyk daging jadi gitu 😀. Apakah gejala nya sama kyk wktu mba dlu? Mksh

    ReplyDelete
  44. ky mba akhirnya kmrin sy sudah dioprasi sakitnya ya ky digigit2 semut gtu, buat yg ada dijkt baiknya lgsng cek aj kedokter kandungan . dokter yg kmrin menangani sy dokter gunawan kebetulan waktu melahirkan sy yg pertama jg sama dokter gun jd enak aj . dia praktek jg diklinik fahira dimanggarai org nya baik bgt dan sangat rekoment . buat qta wanita2 jgn segan2 dan takut dihadepin aj biar cpt hilang sakitnya . salam kenal buat semuanya dan moga qta sehat trus ya .

    ReplyDelete
  45. Hebat mba Lila.....Alhamdulillah lancar ya. Bener2 hebat.
    Trimakasih sharingnya. Pasti bermanfaat buat temans yg di Jkt.

    ReplyDelete
  46. Mba Ela, saya dulu yg tau pertama kalau ada kista juga bidan. Tapi beliau menyarankan untuk ke dokter kandungan. Jadi saya heran, koq bidan mba Ela langsung ambil tindakan yaa...
    Dipecahin itu apa operasi kecil gitu atau gimana ya mba? Ngeri yaa...
    Lebih baik segera periksa ke dokter kandungan deh mba....biar dipastikan, kista atau bukan.

    ReplyDelete
  47. oh mba any sblmnya udah pernah pecah jg ya, sama donk ya sm ky aq mba . moga setelah oprasi ini gak nimbul2 lg ya mba...kmrin sy sempat bt si mba ada satu suster masuk ky kaget jijik gtu deh liatnya...lgsng sama suster yg 1lg diketusin huss sana keluar ( pdhl kan dia cwe harusnya biasa aj donk ya expresinya ) ...klo dokter aq mah santai aj mugkin udah biasa liat vagina kena bartolin kali ya mba...hehhehehe minggu dpn aq balik lg mba buat lepas kateternya . moga qta gak nimbul lg ya mba any bartolinya :-)

    ReplyDelete
  48. untuk mba ela malah bagus itu lgsng dipecahin sama bidanya mungki krna tau udah mau pecah kali, banyak bidan/suster/dokter yg gak mikirim qta sakit tp mikirinya duit aj . pengalaman waktu sy pertama kali seperti itu . mangkanya sy bersyukur bgt skrg dpt dokter yg baik dan bukan uang saja yg dipentingkan . rajin2 cari 2nd opini klo mau dpt dokter/klinik/suster/bidan . salah2 qta cuma jd bahan penghasil uang aja, pdhl klo di dokter lain mugkin gak seperti itu . masi banyak dokter/bidan/suster/klinik/rs yg bagus dan masi punya hati nurani...curcol banyak mba2 yu semua :-)

    ReplyDelete
  49. Ya mba Lila....smg cukup sekali aja ya....
    Perawat yg kayak gitu, lulusnya dg nilai D itu mba. Maklum aja hihiii....
    Btw, silakan curcol disini....ada yg bilang kalau ini emang blog curhat koq. Orapopo....yg pentingkan bermanfaat to...

    ReplyDelete
  50. Ga d oprasi kecil mba.. d tusuk pake suntikan 😀 terus d pencet isinya kyk nanah gitu. Cm sy ga liat fisiknya. Setelah bbrpa bulan malah gitu lgi. Trs sakit d perut bawah. Dtg lsg k dokter dan d usg trnyata ada kista. Sy jg sempet gnti dokter. Pas dokter yg kedua ngeliat ada benjolan itu. Tpi blgnya bukan kista mba 😌.. trs d suruh priksa ny k bagian kulit kelamin. D situ sy jadi bngung juga hehehe...

    ReplyDelete
  51. Mb saya baru tahu ada benjolan dan sakit klo dipake duduk dan jalan dimiss v bagian kiri, klo dipakek jongkok teraba benjolan sebesar kelereng, benjolanya teraba dari selangkangan. Sama nggak seperti punya mb ya?

    ReplyDelete
  52. Assalamualaikum Mba ani saya belum menikah tapi ada benjolan di sebelah kanan vagina saya. Baru terasa beberapa hari ini mba. Yang membuat saya bingung benjolan itu bentuknya seperti benjolan tapi juga seperti urat ketika di raba dan terasa sakit apabila tersentuh sesuatu. Setelah mengetahui ada benjolan tersebut, saya merasa cukup paranoid terhadapnya, sedikit2 merasa ketakutan hendak melakukan sesuatu. Tante saya menyarankan untuk diperiksakan ke dokter kandungan dan rencananya saya akan memeriksakannya bersama kedua orang tua saya mba dalam waktu dekat ini. Sebenarnya saya merasa sangat takut mba kalau terjadi apa2 karena ini pengalaman pertama saya tapi setelah membaca blog mba saya merasa lebih yakin untuk segera memeriksakannya apalagi kedua orangtua saya dengan setia mendampingi saya. Terimakasih untuk inspirasinya mba, Mudah2an semuanya baik2 saja ya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak udah periksa ke dokter mana???saya juga lagi mengalami kondisi seperti mbak???apa udah ditangani mbak???dan biaya keseluruhan nya brp ya mbak??? Terimakasih

      Delete
  53. Mba Ela Juwita.....saya dulu abis dioperasi jg berisi lagi. Jadi mesti ditekan2 setiap mandi supaya ga berisi lagi. Kata dokter mesti gitu, kan kantongnya blm mengecil lagi.
    Jadi kalau pun dikeluarkan nanahnya, bisa berisi lagi. Apalagi kalau kurang bersih. Makanya perlu pembedahan. Kata dokter lo mba hehee

    ReplyDelete
  54. Mba Vikan...kurang lebih sama kayak saya.
    Sudah ke dokter belum mba?
    Semoga sudah baikan yaa

    ReplyDelete
  55. Assalamualaikum mba Marini. Gimana hasil pemeriksaan dokter nya?
    Alhamdulillah ada bapak dan ibu yang sayang banget ya mba....
    Semoga sudah baik2 sekarang. Hebat semangatnya mba Marini. Salam buat ibu dan bapak yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo lagi hamil brbahaya ga bu bwt lahiran

      Delete
    2. Assalamualaikum mba walifla....coba konsultasi sama dokter kandungannya aja ya mba...semoga kelahirannya lancar dan putranya jd anak yg sholeh. aamiin

      Delete
  56. Maaf salam kenal dulu buat semuanya, terasa sakit gak. Tapi risih. Baiknya gmna ya bu?

    ReplyDelete
  57. Assalamualaikum mba walifia....
    Sebaiknya pas kontrol kandungan, skalian ditanyakan aja mba
    Bukan masalah risi nya ya, tapi karena posisinya deket jalan lahir baby...rasanya koq khawatir juga.
    Semoga kelahirannya lancar dan selamat ibu dan babynya. Saya tunggu kabar baiknya yaa....

    ReplyDelete
  58. Assalamualikum
    mba saya mau tanya , apa kista itu setelah dioperasi kita mesti ikut kemoterapi lagi supaya gak tumbuh lagi yg baru???
    apa kita harus minum obat selamanya untuk pencegahan??

    ReplyDelete
  59. Wa'alaikumusalam
    Kalau kista tanpa kemmo mba Ari. Kalau kanker atau jenis tumor yg ganas itu setelah operasi harus kemmo utk mematikan sisa sel kankernya.
    Demikian pula ttg konsumsi obat. Kalau kanker setelah bersih dari sel kanker, harus minum obat untuk mencegah. Kalau kista ga mba.
    Tapi kanker saya bersih tanpa operasi dan minum obat. Silakan dibaca artikel saya ttg kanker di blog ini
    Semoga bermanfaat ya mba Ari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba ani q jg dh pernh oprsi sblh kiri stlh 2 bln skrg sblh kanan numbuh benjolan.apa hrs dioprasi jg.

      Delete
    2. Halo mba....saya abis operasi lagi hehee....
      Kali ini disisi yg berbeda. Dan sakitnya juga beda. Biayanya juga beda. Hehee....

      Delete
  60. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  61. Mbak.. kasus saya sama kyk mbak derita dulu.. dlm wktu dekat saya mau operasi.. setelah operasi apa kista mbak ani pernah kambuh lagi? saya baca2 artikel kista dapat tumbuh lagi wlpun uda dioperasi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sudah operasi 2x mba. Ditempat yg berbeda. Yg dulu sebelah kanan, yg baru aja sebelah kiri. Kata dokter kalau isinya nanah, kemungkinan besar kambuh lagi. Kalau isinya hanya cairan sangat kecil kemungkinan kambuhnya.

      Delete
  62. Assalamu'allaikum wr.wb...
    Saya juga ad benjolan d sebelah kanan 4 th yg lalu saya k dokter katanya nggak berbahaya,punya saya ngaak sakit bahkan benjolan itu isinya kyk angin doanx dan benjolan it kembali tiap saya pake jari mbersihin bagian dalam Dan itu akan hilang ± 3hari mpe semiggu karna saya penasaran dan was² saya belakangan ini saya konsultasi k dokter lg hsl x ini bilang cm infeksi,alhamdulillah...cuma jujur saya jg masih penasaran karna nggak sakit n saat datg,,,it akan hilang sndiri,,(saya sering minum super tetra saat benjolan it dtg)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah periksa ke lebih dari satu dokter, dengan diagnosa yg sama ya artinya memang bukan kista mba.
      Btw, minum super tetra itu atas saran dokter ga mba? Hati2 dengan obat lo mba...itu racun kalau ga tepat penggunaannya

      Delete
  63. Mbk ani.saya juga ada benjolan kecil sekali.tapi kayak dipegang geluncur gitu.kyak gimana gitu.ya di mulut vagina sebelah barat...brapa kra2 byar di dokter.periksa nya.takut juga nok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ke dokter spesialis kandungan mba....
      pake bpjs kan gratis hehehee

      Delete
  64. mbak waktu operasi biayanya berapa?
    maaf inponya yah
    aku ingin smbuh seoerti mbak ani.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Besarnya biaya tergantung kasusnya mba....
      Aku dulu operasi yg sebelah kanan hanya abis 1 jt an. Operasi yg sebelah kiri abis 7 jt an.
      Kaget juga koq beda jauh, padahal di rumah sakit yg sama. Ternyata kasusnya beda mba...

      Delete
  65. Mbak ani..saya baruuuu aja operasi pengangkatan bartholin kamis kemarin..sekalian lepas IUD jg karena tnyt itu penyebabnya karena dari awal saya ga cocok pake IUD tapi masih bandel..

    Setelah operasi kelar berdarah juga kah?berapa lama ya mbak..ini sudah 3 hari tapi masih loyo ga bisa duduk..sakitnya itu loohh...huhuhuhu..

    kira2 berapa lama bisa aktivitas normal lg ya mbak..kasian anak2ku masih pada balita.. :((

    -depe-

    ReplyDelete
  66. Assalamualaikum mba Nita...
    Kayaknya kita bersamaan operasinya yaa.....saya juga barusan operasi. Kali ini dibibir sebelah kiri.
    Kalau dulu sudah pecah sehingga operasi jam 11, jam 5 sudah pulang. Yang ini karena ga pecah2, sakitnya ga bisa ditahan lagi, operasinya di ruang operasi lalu harus opname 24 jam.
    Pulang pun masih dengan kateter. Kebayangkan 4 hari dirumah dengan kateter alias berbaring ajah. Ketika kontrol, kateter dicopot,
    Sampai beberapa hari masih berdarah mba. Jadi pakai kasa terus.
    Sekarang pun meskipun ga berdarah tapi masih ga nyaman buat duduk.
    Wis embuh....sampai kapan ini.
    Kita senasib koq mba....heheee.....dinikmati aja. Abis mau gimana lagi....wong ga bisa ditolak. Kata dokter bakteri yg bikin timbul kista itu juga ga jelas dari mana asalnya, ga bisa juga dicegah. Ada orang yg sangat higienis ehh kena kuman tsb, ada yg jorok malah ga kena kumannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba saya juga ada benjolan disbelah kanan dinding mis v , tapi tidak sakit .. itu oprasi nya dibelek apa cuma ditusuk aja ya mba saya takut soalnya 2bln yang lalu saya sudah oprasi sesar jadi agak trauma dbger oprasi gtu

      Delete
  67. ass mba
    saya devi 21 tahun
    saya tadi pagi bangun mau pipis mba,pas pipis sakit banget dan gak nyaman banget.kaya ada yang nganjel gitu.pas saya raba pakai tangan saya ternyata ada benjolan juga divagina saya.terus saya liay di google trnyata dengan direndam air hangat.sehabis saya rendam air hangay emang benjolan nya menjadi kecil mba.apa kah dia bisa hilang mba dengan direndam air hangat saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikum salam mba Devi....
      gimana setelah direndam? tapi rasanya kalau hanya direndam air hangat koq ga hilang ya mba. hanya mengecil, karena kista yg meradang jadi membaik.
      tapi kalau mau lebih amannya sebaiknya konsultasi ke dokter kandungan ya mba...

      Delete
  68. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  69. Assalamualaikum mba ani... saat ini ak lgi hamil 5bln,sbnr nya c udh tau lama ada benjolan cm ak cuek aja,tp br kmrin ak sadar tnyata benjolan yg dlu kcil skrg udh mmbesar,cm ak ga merasa sakit,stlh ak priksa tnyata kista bartholin yg udh meradang.. namun karna ak lgi hamil dokter ragu mau operasi ak ktnya c resiko ny gede bs pndarahn..sempet stres jg c mikirn ny,rasa ny ak ga siap bayangn skit ny di operasi,tkt jg janin knp2,,
    Klo skrg biaya ny brp mba operasi??
    Trus kita nya di bius total ga c mba?
    Apa sakit nya kaya org abis di jahit melahirkn mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  70. wa'allaikum salam mba Huznul
    Semoga kandungannya baik2 aja yaa....jangan stress mba, kasihan dedeknya....
    Operasi saya yg kedua kemarin abis 7 jt an, tp kasusnya memang beda sama yg pertama. Operasinya harus di ruang operasi. Kalau yg pertama hanya dilakukan di ruangan bersalin. Dengan bius total mba.
    Lah kalau sakit dijahit setelah melahirkan, saya belum pernah ngerasain hehee....karena dua kali melahirkan, dua2nya operasi.
    Tetep semangat ya mba HUznul, semangat untuk dedeknya. Semoga nanti jadi anak yg sholeh dan kuat seperti mamanya

    ReplyDelete
  71. Mba q jga ada benjolan di sebelah kiri tapi di dalam kulit dan sebesar biji merica. Sakitnya kalo kita berhubungan sm suami. Kalo ga berhubungan gada rasa sakit. Mhon infonya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamualaikum mba Nadila....
      Mohon maaf, yg saya alami koq ga seperti benjolannya mba ya...apalagi sakit kalau berhubungan....
      Mungkin sebaiknya periksa ke dokter deh...
      Semoga baik2 aja yaa....

      Delete
  72. saya jg ad kyak tumbuh daging d bwah kanan vagina tdak terasa sakit smama sekali dan tdak terganggu . daging itu ada setelah lahiran thun 2012 dan sampek sekrang. dlu waktu lhiran d jahit jg karna ada robekan saat lahiran. saya pikir benjoklan itu karna jhtannya lepas. mohon solusinya kalo mau k dokter harus ke dokter spesialis apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Miss Riyah...
      Coba periksa ke dokter kansungan aja mba.
      Meskipun ga ada keluhan tp sebaiknya dipastikan daging itu apa krn jahitan atau sebab yg lain... semoga aman2 aja ya mba

      Delete
  73. Assalamualaikum mba kira2 jahitan benangnya itu hilangnya brp lama. Tepat hari ini seminggu pasca operasi rasanya masih gak nyaman. Ketika di lap pake tisu masih ada setitik darah. Masih takut buat beraktifitas. Kl mba mulai berani beraktifitas kapan? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikum salam mba Diah....
      Saya lupa tepatnya hari keberapa, tapi ga lama lagi pasti sudah 'nyaman' hehee....
      Setelah 5 hari lepas kateter, saya udah bisa bersih2 rumah koq mba....aktifitas normal. Meskipun masih harus pakai kasa, karena masih ada darahnya juga.
      Kata dokter memang gitu, keluar darah gapapa.
      Sabar yaa....setelah nyaman kita akan lebih bersyukur. Ternyata sakit itu ga enak. Ehh tapi dosa kita sdh berkurang kan hehee.....alhamdulillah

      Delete
  74. Mba kalo buat jahitannya itu benangnya bener2 ketutup dengan kulit brp lama ya? Terima kasih banyak ya mba

    ReplyDelete
  75. Maksudnya jahitan menyatu dg kulit ya mba.....mungkin sekitar 2 mingguan kali ya, soalnya ga sadar aja tau2 udah nyaman ga ada sengkring2 krn ujung benang jahitan hehee...

    ReplyDelete
  76. Halo mba ani yg baik sharenya sangat memotivasi.senin sy akan melakukan operasi penyakit yg sama .trimksh sdh menyemangati.

    ReplyDelete
    Replies
    1. assalamualaikum mba....
      gimana operasinya...semoga lancar dan saat ini sudah pulih yaa....
      silakan kalau mau berbagi pengalaman, pasti teman2 yg lain juga membutuhkan sharingnya

      Delete
  77. assalamualaikum mb ani,,mb q jg pnya bnjolan dsbelah kiri sdh sbesar kelereng tp q g merasa keluhan sakit apapun mw meriksakn kdokter jg takut nnt dsuruh oprasi q bingung mb g da uangnya,,,,,apalgi dg oprasi j msh bs tumbuh lgi blm tntu sembuh total,,aduh jd bingung g da biayanya,,,kira"brp y mb?

    ReplyDelete
  78. Mba ani..sy jg ad benjolan d bibir vagina sebelah kanan.. Wktu april 2015 sempet d operasi d ruangan obgin.. Cm dseset daging ny dkluarin cairan ny lalu d jait..

    Tp bln agustus aq kambuh lg..benjolan besar.. Dan itu pecah sndri cairan nanah n darah..

    Lalu feb 2016 abis nikah kambuh lg..sy operasi lg..sm ky yg pertama cm d seset dbuang cairan ny n d jait.. Stlh operasi benjolan msh ad kcl..kt dokter ny gak ap2..
    Eh skrng bln april kambuh lg membesar..sy bingung udh operasi 2x msh kambuh trs..sy operasi udh hbs 6juta mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah gitulah mba....sama dengan kanker, kista ini tdk diketahui datangnya si kuman itu dari mana. dan bagaimana pencegahannya dokter juga ga tau.
      ada org yg ga peduli dg kebersihan vaginanya, ehh ga kena. pun sebaliknya, ada org yg sgt higienis ehh kena.
      jadi, kita terima nasib aja....qodarulloh. anggap ini hadiah, sarana penggugur dosa kita.
      mungkin kita harus byk2 istighfar ya mba....

      Delete
  79. Assalammualaikum mb ani.sy mau berbagi pengalaman.th 2009 ad benjolan dbibir vagina sy sblh knan.tau2 uda besar&meradang.lalu sy priksa ke bidan trdekat lgsg dibedah tp yg bedah bkn bidanya tp dr bedah saudara bidan itu.sktr 1 bln kambuh lg.kmdian sy priksa k RS lngsg dioperasi.stlh 1 bln kambuh lg.kmdian ortu sy mmbwa sy utk berobat alternatif.tnp dioperasi benjolan itu kempes.tp smp skrg benjolan itu msh ada tp dlmya kyk gk ad isinya jg gk skt.baiknya gmn y mb?ap priksa ke dokter lg?salam knal dari sy...

    ReplyDelete
  80. Assalammualaikum mb ani.sy mau berbagi pengalaman.th 2009 ad benjolan dbibir vagina sy sblh knan.tau2 uda besar&meradang.lalu sy priksa ke bidan trdekat lgsg dibedah tp yg bedah bkn bidanya tp dr bedah saudara bidan itu.sktr 1 bln kambuh lg.kmdian sy priksa k RS lngsg dioperasi.stlh 1 bln kambuh lg.kmdian ortu sy mmbwa sy utk berobat alternatif.tnp dioperasi benjolan itu kempes.tp smp skrg benjolan itu msh ada tp dlmya kyk gk ad isinya jg gk skt.baiknya gmn y mb?ap priksa ke dokter lg?salam knal dari sy...

    ReplyDelete
  81. wa'alaikum salam mba Budi Asih....saya dulu sudah tau ketika benjolan masih kecil, dikasih tau sama bidan, tapi karena ga ada keluhan ya saya diemin aja....lama kemudian tiba2 sakit dan tyt benjolannya sdh besar.
    nah...silakan klo mba Budi mau kayak saya hehee.....
    masalah biaya bisa pakai bpjs mba, atau kalau posisi di sleman jogja itu ada jamkesda yg iurannya disubsidi. hanya 120rb pertahun.

    ReplyDelete
  82. wa'alaikum salam mba Ratih...
    kista ini mmg ga mengganggu kalau tdk sedang radang. saya ga tau ttg alternatif ya mba...
    sebaiknya cari tau aja ke dokter kandungan atau ke bidan, lalu masalah operasi dipikirkan kemudian. dari pada was2 terus kan....

    ReplyDelete
  83. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  84. Mba ani aq jga pnya benjolan di bibir vagina sebelah kiri tp benjolannya ada pas aq hamil kedua aq tnya pas lagi mau lahiran itu benjolan ap tp bidannya bilang gpp tp skrng malah besar dah berasa bgt klw dipegang dan klw di pencet keluar cairan kadang seperti nanah kadang darah tp keluarnya malah dari anus ..
    itu gmna ia ?
    tolong dibalas ia mba makasih sebelumnya .

    ReplyDelete
  85. assalamualaikum mba Syawal...
    waduh...saya koq malah belum pernah denger ya mba....koq keluarnya dari anus....mungkin memang ada yg seperti gitu...
    sebaiknya segera periksa ke dokter kandungan aja mba...untuk memastikan...
    bagaimana putranya...smg sehat ya, juga ibunya....smg jadi anak yg sholeh....

    ReplyDelete
  86. Asslm. Mbak ani. 28 feb kmren sy menikah. Seminggu stlah brhubungan dngan suami timbul bemjolan di sebelah kanan dalam vagina bawah sya. Trus hilang. Sabtu sore kemaren timbul lg tu si benjol sebesar jempol dn rasany sakit. Panic ny super duperr bikin strreesss mbak. Klu berhubungan gk nyaman. Sya takut mw periksa ke dokter. Plus kendala biaya jg. Kira2 itu kista atw tumor ya mbak. 😢😢😢😢😢

    ReplyDelete
  87. Disebelah kiri jg ada benjolan tp gk sakit Mbak.cm tempat ny beda ni agak ditengah vgina Kri. Help full banget mbak. Buat smua yg baca jg. Saya minta doa dan support semangat dr mbak2 skalian. 😢😢 sya sedihh bingiittssss 😢😢😢 rasanya hidup tu jd hamppaaaaa sangatt.. alih2 mw Promil yg dtg mlah penyakit. 😢

    ReplyDelete
  88. Asslm. Mbak ani. 28 feb kmren sy menikah. Seminggu stlah brhubungan dngan suami timbul bemjolan di sebelah kanan dalam vagina bawah sya. Trus hilang. Sabtu sore kemaren timbul lg tu si benjol sebesar jempol dn rasany sakit. Panic ny super duperr bikin strreesss mbak. Klu berhubungan gk nyaman. Sya takut mw periksa ke dokter. Plus kendala biaya jg. Kira2 itu kista atw tumor ya mbak. 😢😢😢😢😢

    ReplyDelete
  89. Asslm. Mbak ani. 28 feb kmren sy menikah. Seminggu stlah brhubungan dngan suami timbul bemjolan di sebelah kanan dalam vagina bawah sya. Trus hilang. Sabtu sore kemaren timbul lg tu si benjol sebesar jempol dn rasany sakit. Panic ny super duperr bikin strreesss mbak. Klu berhubungan gk nyaman. Sya takut mw periksa ke dokter. Plus kendala biaya jg. Kira2 itu kista atw tumor ya mbak. 😢😢😢😢😢

    ReplyDelete
  90. Salam kenal smw, mba saya juga ad benjolan V kecil cumn sebsr telur cicak letaknya d'samping vagina bukan di bibirnya, awalnya juga cumn 1 V sekarang jd 2, buat yang it trmksud bartholin bukn'a? mksi, tolong infonya'a

    ReplyDelete
  91. Aku juga kena kista bartholin, udh gede sebesar telur, awalnya udh mulai mengempis tp jd keras seperti telur.. gimana ya? Apa itu tanda mau pecah?

    ReplyDelete
  92. senin 9 mei aku periksa ke dokter katanya bartholinitis (luka/radang yg membengkak) cm dikasi obat aja. Kata dokter'a nti klu pecah/kempes bisa jd kluar darah/nanah. Tp ni udah hr rabu blm ada kluar apa2. Memang agak mengempis tp sakit'a jg ampun.

    ReplyDelete
  93. Mb ,sy yg saya alami dlo awalnya gatal sy sering tekan dgn tisu di bibir v bag kiri sebulan yg lalu keputihan 4hri sblm haid warna kuning,bau dan gatal pas haid mlh bengkak membesar bibir v kiri bawah.
    Seminggu kmudian tepat tgl 12mei sy periksa ke puskesmas kt bidan hrs diperiksa bru tau penyebab / penyakitnya dr awal keputihan smpai skrg masi gatal ,sakit ,nyeri buat fuduk& jln.
    Besok selasa 17 mei mo di ambil cairan diperiksa.
    kt bidan itu bukan bartholini,aneh krn kyk ada luka sest gitu diluka itulah penyebab gatal,
    Tdk ada benjolan cm bibirnya membesar dan keras ,sy jd takut,sy pke bpjs kelas 2 semisal operasi dicover ga?

    ReplyDelete
  94. Assalamualaikum mba Siti Maimunah.
    Jangan stress ya mba, nanati penyakitnya malah tambah parah. Cool ajah hehee.... Udah jatahnya sakit, ga bisa ditolak ga bisa dicegah. Jadi pasrahf aja. Nikmati rejeki dari Allah. In shaa Allah akan menjadi penggugur dosa kita. Lumayan kan mba hehee....
    Jadi udah positif kista ya mba...satu langkah sudah dijalani. yaitu periksa ke dokter.
    Step selanjutnya, tindakan. Pertama coba minum obat dokter. Kalau sekiranya ga ada berubahan, ya ke dokter lagi. Kalau saya boleh kasih saran, coba periksa ke dokter lain. Second opinion. Sambil obat atau resepnya ditunjukkan.
    Sementara ini untuk mengurangi rasa sakit, coba berendam dengan air hangat mba. Saya dulu berkurang sakitnya lalu pecah. Meskipun akhirnya ya tetep harus dioperasi/dibersihkan sisa2nya.

    ReplyDelete
  95. Mba Eci....kista atau bukan hanya dokter yg bisa memastikan, jadi sebaiknya periksa ke dokter kandungan ya mba.
    Lebih cepat lebih baik. Biar mba Eci lebih tenang.

    ReplyDelete
  96. mba Arizona....
    pakai bpjs operasi dicover kata temen. klas manapun. ruang perawatannya di kelas 2 tapi itu bisa di upgrade.
    hari ini tgl 17 mei, diambil cairannya utk tes pa ya mba...semoga baik2 aja.
    saya tunggu kabar baiknya....

    ReplyDelete
  97. Assalamualaikum mbak ani,apakah benjolannya itu pada awalnya muncul kemudian hilang dan bolak balik seperti itu (muncul hilang muncul)? Terimakasih mbak..mohon bantuan jawabannya :)

    ReplyDelete
  98. wa'alaikum salam mba fafa...
    punya saya koq ga pake bolak balik ya mba...tetep ada dan membesar.
    kista ini hanya sakit kalau lagi radang. sakit banget sampai susah duduk, bahkan kemarin saya tiduran pun sakit.

    ReplyDelete
  99. Assalamualaikum Mba...saya juga AD benjolan d sebelah kiri bibir vagina...dulunya kecil saya diemin Skrg udh aga lumayan sebesar telor puyuh...saya periksa k dokter..tapi Karna d area mis v banyak jamurnya jadi suruh d bersihin dlu...ada jalan lain kah selain operasi??

    ReplyDelete
  100. Mba ani apakah benjolanny itu di bibir vagina dan sperti urat yg membiru atw bukan ? Trms

    ReplyDelete
  101. Assalamu'alaikum mbk Ani boleh tanya benjolan nya ada di bagian mana tepat nya bibir vagina atas atau bawah.?

    Karna saya juga ad tpi lebih ke bagian kanan atas deket maaf *klitoris nya, 3 hari yang lalu saya nyeri saya pikir jerawat jd saya diamkan tpi bru smalem saat mau bak kok terasa mengganjal dan sedikit nyeri pas saya cek ternyata bibir nya seperti membengkak, tpi lbh ke membengkak ukuran kanan jd lebih besar, smalem saya kompres air hangat dan mengecil, tp pgi ini membesar lagi, nyeri nya ketika ditekan atau bersentuhan dgn benda keras aja, apa gejala ini kista bartholini juga.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  102. wa'alaikum salam mba ida....saya kurang tau pengobatan selain operasi. coba tanya dokter aja ya mba

    ReplyDelete
  103. mba utek....posisinya seperti di gambar diatas. maksud saya di artikel ini. dibibir vagina sisi dalam ya.
    jadi bukan seperti urat. tapi benjol. kayak telor puyuh gitu

    ReplyDelete
  104. wa'alaikum salam mba khubbu....
    pokoknya sekitar bibir ya. bisa diatas ataupun dibawah.
    punya saya yg pertama posisinya dibibir agak kanan agak diatas. yg kedua dibibir kiri bawah.
    yg pertama saya pakai berendam air panas, mengempis dan sakitnya hilang. tapi beberapa waktu kemudian sakit lagi lalu dioperasi.
    kayaknya kompres atau rendam itu tdk menghilangkan ya mba...hanya mengurangi rasa sakitnya.

    ReplyDelete
  105. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. assalamualaikum mba....
      selamat yaa...operasi lancar. smg sdh bisa beraktifitas lagi sekarang.

      Delete
  106. Ass mbak ani, makasih sekali artikelnya, sangat bermanfaat, saya 2 minggu yg lalu jg habis operasi kista bartholin,setelah 1,5 th gejalanya. alhamdulillah sejak selesai operasi tidak merasakan nyeri sama sekali dan berjalan lancar, seperti tidak habis operasi. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. assalamualaikum mba ririn....
      selamat yaa...operasi lancar. smg sdh bisa beraktifitas lagi sekarang.

      Delete
    2. assalamualaikum mba ririn....
      selamat yaa...operasi lancar. smg sdh bisa beraktifitas lagi sekarang.

      Delete
  107. Dear mba ririn,
    Kalo boleh tau biaya nya berapa ya? Buat gambaran. Makasih

    ReplyDelete
  108. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  109. Halo mbak ani salam kenal.
    Terima kasih artikelnya ya..sangat bermanfaat. Tp sy mau tanya sedikit boleh ya mbak. Benjolannya pertama kali terasa sebesar apa mbak? Trus kalo teraba rasanya bagaimana? Hari ini sy baru sadar, di mulut miss v sy ada benjolan mbak tp kecil seperti bintilan rasanya tidak nyeri tp risih sekali buat jalan dan cenderung gatal. Langsung sy periksakan ke bidan berhubung dokter kandungan yg wanita msh cuti lebaran.
    Terima kasih mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. assalamualaikum mba uniq...
      bagaimana hasil pemeriksaan bidan nya....

      awalnya bidan bilang klo ada kista, punya saya malah tak teraba mba...baru lama2 teraba sebesar kelereng. klo pas diraba dan ditekan ya agak sakit. tapi klo ga diteken ga sakit mba.
      beda ya sama punya mba uniq....

      Delete
    2. assalamualaikum mba uniq...
      bagaimana hasil pemeriksaan bidan nya....

      awalnya bidan bilang klo ada kista, punya saya malah tak teraba mba...baru lama2 teraba sebesar kelereng. klo pas diraba dan ditekan ya agak sakit. tapi klo ga diteken ga sakit mba.
      beda ya sama punya mba uniq....

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
  110. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  111. Hello Mba Ani slm sejahtera,
    Trima ksh ats articlenya. Mba sy lunya benjolan kiri n udh opersi 2 thn lalu skrng muncul lagi. Dl sy operasi di hk skrng sy di indonesia, kt dokter bisa muncul operasi smpi 3x. Mba Ani punya sy ga perah skt, ga ada gatal n dll cuma mkn besar n paling parah wkt jobgkok ngei sndiri klo lihatnya. Mau operasi dj Rs mana n biayanya betapa? Mohon penjelasnnya mba Ani
    Salam saya, marie

    ReplyDelete
    Replies
    1. apa kabar mba helena....
      sudah jadi operasi apa belum....
      mengenai biaya, pasti beda2 ya mba....sekedar ancer2 aja beberapa bulan yg lalu saya operasi habis sekitar 7 jt mba. ada temen yg pake bpjs katanya gratis tiss....
      mba helena di indonesianya dimana....saya di sleman mba....

      Delete
  112. Askum... Mba... Saya jg muncul benjolan yg sama. Dokter langsung suruh operasi tapi saya takut. Trus saya coba cr alternatif yg lain, saya coba minum herba. Benjolannya melembut tapi masih tetap terasa ada. Gimana tu ya mbak. Saya takut dioperasi karna saya blm menikah. Gmana tu ya mba???

    ReplyDelete
    Replies
    1. assalamualaikum mba wahyu...
      gimana benjolannya ?....sudah hilangkah....
      Allah kan memberikan sakit sudah sama obatnya. Dan tiap orang belum tentu obatnya sama. Jadi kalau herbal tsb bisa menghilangkan ya teruskan aja mba. Hanya kalau saran saya, tetep lakukan pemeriksaan ke dokter beberapa bulan sekali. Supaya sakitnya tetap terkendali perkembangannya. Jangan hanya rasanya....rasanya....ya mba. hehee....
      Lebih baik dipastikan perkembangannya ke dokter. Biar mba wahyu ga was2. Perkara ga mau operasi ya gapapa. Asal sudah tau untung ruginya. Utk itu perlu konsultasi sama dokter mba....

      Delete
  113. aslm mbk ani..slm knal..
    q jg ada benjolan sblah kiri mbk,kadg jg trasa gatal,kadg sprt bisul,klu mletus kayk kluar cairn nanah/darah,tp klu pas tdk meradang y gak sakit,cm bgiab bbir Ms V yg kiri agak benjol sdikit kayk bentol,sudh prnh priksa kbidan,q ngmong keluhan q,tp cm dikasih obat,q tanya hrs priksa papsmear apa tidk katany tdk usah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. assalamualaikum mba evi...
      kalau memang kista memang ga perlu papsmear mba.
      pengalaman saya dulu yg pertama juga sudah pecah gitu mba....awalnya saya diemin. tapi lama2 koq bau....
      karena semakin ga nyaman, saya ke dokter kandungan. sama dokter dibersihkan gitu. karena saya takut sakit, saya minta bius total. jadi siang dilakukan tindakan, sorenya baru boleh pulang.

      Delete
  114. Malam mba itu terdapat benjolannya kan di dekat anus kalau benjolannya di sebelah kiri dekat buang air kecil termasuk jg ga ya?

    ReplyDelete
  115. assalamualaikum mba diyah....
    benjolan punya saya bukan di dekat anus mba....dipinggir vagina.
    ya jalan untuk buang air kecil....
    kalau termasuk kista atau bukan, tergantung pemeriksaan dokter mba

    ReplyDelete
  116. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  117. Ass mbak saya mau nanya,,saya juga lagi mengalami ada nya benjolan disekitar vagina,,awal nya kecil ya saya biarin skrng udah bertambah besar benjol nya,,tapi saya blum menikah,,apa berbahaya jadinya mbak???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamualaikum mba Atikah...
      kista tsb ga ada hubungannya sudah menikah atau belum mba....
      kalau bahaya atau tidak saya tidak tau yaa....untuk memastikan sebaiknya segera ke dokter kandungan aja mba....kalau malu, cari dokter perempuan.
      ayo mba...lebih cepat diperiksa, lebih cepat pengobatannya, lebih cepat sembuhnya. insyaa Allah

      Delete
  118. Ass mbak ani, saya mau tanya. Waktu ada benjolan apakah nyeri pas pipis?
    Benjolannya di dlm bibir sebelah kanan y?
    Saya abis lahiran 2minggu yg lalu, kmaren pas kontrol dokternya kaget kok ada benjolan. Tp di suruh nunggu dan di cek lagi waktu kontrol 40hr.

    ReplyDelete
    Replies
    1. assalamualaikum mba Fifi...
      bagaimana hasil setelah di cek ? semoga sudah membaik yaa....
      kita tunggu sharing nya ya...insyaa Allah manfaat buat teman2 yg lain....
      dan...semoga putra atau putrinya jadi anak yg sholeh/sholehah.

      Delete
  119. Mbak saya mau tanya , ini vaginaku kelenjarnya membesar trs kayak ada benjolan gitu mbak dibuat duduk berdiri jalan selalu sakit tapi kalo dibuat tidur nggak sakit . Apa mbak dulu sama seperti saya???please jawab mbak 😭😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. assalamualaikum mba Sofi...
      iya mba...saya dulu juga gitu. yg ke 2 malah buat tiduran pun sakit
      sudah ke dokter kandungan apa belum .....

      Delete
  120. Assalamu'alaikum mba ani? Saya mau tanya nih. Beberp hari ini, saya merasa gatal di bagian dinding vagina. Pas saya check, Astaghfirullaahal adziim ternyata spt tumbuh beberp kutil gitu. Terkdg hendak saya cabut dgn pinset kutil2 tsb, tetapi tdk pernah saya lakukan, krn saya takut malah akan berdarah dan nnt malah skt, krn awalnya hanya gatal. Saya takut Pergi consultation ke dokter kelamin Seandainya itu ada hal2 yg memang berhubungan dgn kista or cancer Rahim, apalg saya blm married dan tdk pernah sekalipun melakukan hbgn sex di luar nikah, saya malu utk consultation mba. Gimana yah solusinya? Wassalamualaikum

    ReplyDelete
  121. Assalamu'alaikum mba ani? Saya mau tanya nih. Beberp hari ini, saya merasa gatal di bagian dinding vagina. Pas saya check, Astaghfirullaahal adziim ternyata spt tumbuh beberp kutil gitu. Terkdg hendak saya cabut dgn pinset kutil2 tsb, tetapi tdk pernah saya lakukan, krn saya takut malah akan berdarah dan nnt malah skt, krn awalnya hanya gatal. Saya takut Pergi consultation ke dokter kelamin Seandainya itu ada hal2 yg memang berhubungan dgn kista or cancer Rahim, apalg saya blm married dan tdk pernah sekalipun melakukan hbgn sex di luar nikah, saya malu utk consultation mba. Gimana yah solusinya? Wassalamualaikum

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikumusalam warahmatullah....
      mohon maaf mba, kalau seperti yg dikeluhkan mba, saya belum pernah ngalamin.
      saya juga ngga yakin, periksanya ke dokter kandungan atau ke dokter penyakit kelamin ya...
      fyi....setau saya, kista itu ngga ada huubungannya dengan sudah menikah atau belum mba...jadi ngga perlu malu. ngga usah peduli juga sama pikiran orang
      solusinya.....segera konsultasi ke dokter. mungkin lebih baik ke rumah sakit, karena kalau harusnya ke dokter penyakit kelamin tapi kita keliru ke dokter kandungan maka kita akan dirujuk saat itu juga.
      orang kuat itu yg bisa mengendalikan marahnya...dan rasa malunya. hehee.....( saya suka bilang gitu sama anak saya )

      Delete
  122. Assalammu'alaikum mbk,q dwi umur 22 belum menikah apalagi berhubungan seks☺aku juga ada benjolan disebelah kanan mbk deket sama maaf lubang vagina agak jauhan dikit sih,awalnya aku kira digigit semut bentuknya kayak bentol gitu mbak kayak habis digigit semut sama nyamuk tak biarin lama-lama gak hilang tapi ukurannya sama gak besar kalau diraba baru kerasa kalau dilihatin gak terlihat.tapi lama kelamaan sakit mbak kalau pas tak pegang😢Apakah sama mbak?mau periksa kesiapa gak tau mbak😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaykumusalam warahmatulahi wabarakatuh....
      mba uwi apa kabar ??
      kalau seperti yg mba uwi ceritakan, sepertinya beda ya sama punya saya....tapi memang lebih baik konsultasi ke dokter. biar pasti itu jenis apa
      coba ke dokter kandungan aja mba. saya sarankan siy ke rumah sakit, supaya kalau salah dokter bisa langsung dirujuk ke dokter yg bagiannya.
      tapi kalau belum nikah trus periksa ke dokter kandungan, suka ga enak sama orang ya mba....memang kalau kita peduli sama pendapat orang malah suka ribet sendiri, coba kalau pedulinya sama pendapat Allah pasti enak2 ajah hehee....

      Delete
  123. Mbak saya mau nanya benjolan dibibir vagina bawah apakah sakitnya sampai kedubur? Krn sepupu saya takut tuk periksa kedokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. assalamualaykum mba nurul.....
      sakitnya kista ini ga sampai dubur mba....beda jalur hehee....
      salam buat sepupunya yaa....jangan takut jangan malu, pokoknya rock n roll ajah....heheee

      Delete
  124. Ass mbak saia lia mau tanya d dalam vagina dalam ada benjolan yg bulat trs kyk ada mulutnya dan klu dirasa saat berhubungan intim sakit,kira2 bahaya g y mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaykumusalam mba lia....
      lepas dari bahaya atau tidak ya mba, apalagi kalau sakit, sebaiknya segera konsultasi sama dokter. jangan hanya browsing hehee.....

      Delete
  125. Ass saya riana saya jg ada benjolan di sebelah kiri bawah dkt vagina bahkan ga dkt lgi sih kayanya pas mulutnya bgt . Saya udh ke dokter umum tp dokternya ga bilang saya terkena apa cm sebelumnya saya cerita asal mula nya benjolan itu ada ketika saya ga ganti pembalut waktu itu saya ada acara seharian gt sampe subuh malah di daerah pegunungan gt saya ga ganti pembalut karna takut huhu .. eh skrng kata dokter nya mungkin grgr itu karna kan kotor dan tersumbat gt katanya trs malah di kasih obat radang obat nyeri sama antibiotik dan salep gt kmrin sakit tp skrng udh gasakit sih cm bagian pinggul suka terasa sakit dan perut bagian bawah pun suka terasa sakit tp benjolan nya itu mengecil sih tp masih sakit .. apa harus ke dokter khusus kandungan gt ya mba?😭😭😭😭saya blm nikah makanya saya takut bgt mba:'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaykumusalam mba riana.....
      menurut saya lebih baik ke dokter kandungan dech mba....atau ke dokter umum yg lain, second opinion
      ....ga usah takut ga usah malu....ini ga ada hubungannya sama nikah, semua perempuan beresiko sama koq....

      Delete
  126. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  127. Assalamu'alaikum mba ani semoga selalu dalam keadaan sehat, salam kenal mb sy zul 24th dan blm menikah, baru 4 hr ini sy br ngeh ada benjolan kecil sebesar ujung jr kelingking, di bibir vagina sebelah kanan bagian bawah. Beberapa waktu lalu saat haid sepertinya blm ada benjolan tsb. Kalo hanya dilihat tidak begitu terlihat, tp ketika buang air kecil pd saat diraba terasa sekali ada benjolan, benjolan tidak seperti berisi namun cenderung keras bila diraba, tidak sakit dan tidak gatal. Apakah itu merupakan kista bartholin mba?
    Rasanya sangat khawatir kalau ada benjolan di area vagina, mau periksa ke dokter juga masih maju mundur, bingung juga harus ke dokter apa.. Mohon pencerahan nya ya mba, agak tidak menimbulkan ke khawatiran yg berlebih. Terima kasih mba ani

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaykumusalam warahmatulohi wabarakatuh
      salam kenal juga mba zul. alhamdulillah saya sehat...sehat e wong tuwo hehee....
      kalau saya baca cerita mba zul, sepertinya kista ya mba....tapi untuk lebih pastinya dan pengobatan yg terbaik, sebaiknya periksa ke dokter kandungan aja mba
      jangan maju mundur mba....maju terus ajah hehee....ayok lebih cepat akan lebih mudah pengobatannya,
      saya selain punya bakat kista ini, juga punya cancer di payudara. meskipun saya survivor tapi saya selalu mengingatkan diri utk tidak terlalu capek dan tidak stress. 2 hal tsb lah biangnya. yg ga sakit jadi sakit, yg sakit jadi tambah parah.
      jadi...jangan khawatir ya mba zul....ikhtiar dan berdoa aja yuk...

      Delete
  128. Assalamu'alaikum.. salam kenal mba ani. saya ibu rmh tangga beranak dua. saya juga memiliki benjolan d bibir plg bawah miss v saya. mgkin sudah sekitar 3tahun. munculny setelah saya memakai kb iud,tidak prnh saya periksakan,karena dulunya benjolan itu hilang dtg aja. tp semakin k sini benjolan(lunak) itu membesar. memang sih tdk pernah mengganggu aktifitas apa pun. krn tdk prnh terasa nyeri atau gatal. menurut mba saya harus gmn ya. berhub saya tinggal di kota kecil, dan dari 3spog d kota saya tidak ada yg menurut saya bagus(dr pengalaman pribadi n teman2) jd saya enggan untuk berobat. mohon pencerahan nya mba ani. terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaykumusalam mba nisa...salam kenal juga....
      ini hanya pendapat pribadi ya mba.....yg memberi kesembuhan itu kan Allah, jadi para dokter itu hanya perantara. Kalau Allah mengijinkan.
      jadi lepas dokternya bagus atau engga, periksa aja. pokoknya bismillah.
      atau....mba nisa periksa ke kota lain, yg menurut mba nisa lebih bagus.
      yang penting segera konsultasikan ke dokter. karena lebih cepat lebih mudah penanganannnya.
      ga pake enggan ya mba nisa hehee.....niatkan demi anak2, karena kalau mamanya sakit pasti anak2 sedih.

      Delete
  129. Assalamualaikum mba, aku juga kalo pipis itu disebelah kanan kaya ada benjolan gitu kalo diraba tapi benjolan itu kayanya didalam, bukan diatas permukaan kulit, tapi kalo tiduran aku raba tidak ada benjolannya jadi kalo jongkok aja tuh baru terasa, apa mba awalnya kaya gitu? Padahal aku masih 17 tahun mba jadi aku blm ngerti penyakit yg kaya gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikumusalam warahmatullah....sepertinya gejalanya sama ya mba....
      saya yg setua ini aja juga baru tau ttg kista ini koq mba...heheee
      minta diantar ibu aja, konsultasi ke dokter kandungan, ini karena bakteri koq, jadi semua bisa terkena ( kata dokter )

      Delete
  130. Assalamualaikum mba, salam kenal.
    Saya juga ada benjolan di bibir vagina kanan, kecil sebesar merica, tapi ga sakit, kadang ngempesin sendirinya, kadang timbul lagi.
    Mau periksa ke dokter takut, hehe...
    Jadi sampai sekarang dibiarkan, cuma rasa waswas ada terus, takut hal2 yang berbahaya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikumusalam warahmatullahi wabarakatuh
      yg saya khawatirkan justru rasa takut atau waswas nya mba....lama2 stres, malah jadi penyakit.
      kalau bisa pasrah, dan ga ada gejala2nya, ya gapapa dibiarkan.
      tapi kalau kepikiran lalu waswas, malah bahaya mba....lebih baik konsultasi ke dokter utk memastikan aja. biar mba tina tenang.

      Delete
    2. Saya baca tulisan mbak Ani ini, jadi saya beranikan diri untuk periksa dan ini saya baru 11 pasca operasi mbak.

      Delete
  131. Assalamualaikum mbak ani
    Aku mau nanya klo yg dibibir vagina itu termasuk juga ga ya?
    Waktu itu cuma kya bentol gtu tapi lama kelamaan benjolannya makin besar
    Dan rasanya itu gatel tp engga sakit
    Mohon jawaban nya
    Makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikumusalam warahmatullahi wabarakatuh
      kista ini memang posisinya dibibir vagina mba....tapi ga setiap benjolan disitu pasti kista.
      ayo mba fitri....disempatkan konsultasi sama dokter atau bidan..
      ga usah berpikiran macam2 mba....santai aja, pasrah, terus berdoa.
      semoga hasilnya baik2 aja ya mba....

      Delete
    2. Assalamu'alaikum mbak ani

      Mbak saya juga ada benjolan di bibir vagina tp saya takut dioprasi.
      Saya mau tanya, benjolan mbak ani yg sudah dioprasi pertama, sekarang sudah hilang atau timbul benjolan lagi?

      Delete
    3. wa'allaikumusalam mba pupa....benjolan yg sdh dioperasi sdh hilang mba. timbul lagi tapi ditempat berbeda. dan sdh dioperasi juga. semoga ngga timbul lagi hehee...

      Delete
  132. Assalamualaikum
    Mba ani sy mau operasi tp masih takut...klo mau pipis gmn susah ga mba? Kebayang lukanya kena air terus jd susah kering

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sy takut saat proses pasca operasi nya...klo buang air..kebayang luka bekas operasi nya kena air terus

      Delete
    2. wa'allaikumusalam mba ani isah.....gimana mba, sdh operasi yaa?
      kalau dibayangkan memang menakutkan ya, tapi kalau dijalani pasti lewat juga hehee...
      operasi yg pertama, relatif mudah buag air kecilnya. tinggal cebok pakai detol
      tapi operasi yg kedua, lumayan ribet ya, karena 5 hari saya pakai kateter. setelah lepas, bekas jahitan masih berdarah. jadi selain cebok pakai detol, harus segera dikeringkan pakai kain kasa. bahkan saya pakai hairdryer kecil, tapi ketika saya konsultasikan sama dokter, dokternya ketawa...lebay katanya hehee

      Delete
  133. Assalamualaikum kak aku mau tanya. Aku sepertinya emg kena kista batthlini ini tapi aku gatau pasti emg bener atau bukan cuma aku tau dr google aja. Aku takut bgt kalo emg bener ini kista dan mesti dioprasi, aku takut oprasinya menyakitkan 😭😭 kakak dlu pas dioprasi dibius lokal ya? Trus pas dioprasi itu kerasa sakitnya ga ka? Aku takut bgt kalo emg aku kena kista ini dan harus dioprasi kak 😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'allaikumusalam dik dian....sudah ke dokter ya....buat yg takut kayak dik dian gini, segera ke dokter kandungan, biar pasti sakitnya apa, jadi ga was2 terus.
      karena saya penakut juga, saya meyakinkan dokter untuk bius total, konon katanya dengan bius lokal akan terasa sakitnya.

      Delete
  134. Assalamualaikum kak mau tanya,,saya juga ada benjolan didalam dinding vagina ukuranya segede jerawat tidak sakit kira2 apakah itu termasuk kista karna udah 1thn benjolan gk hilang

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'allaikumusalam dik minda....sebaiknya ke dokter kandungan untuk memastikan benjolan tsb kista atau bukan. semoga bukan ya dik....

      Delete
  135. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  136. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  137. assa mb ani....
    mb saya mau tanya, waja juga ada benjolan pas dibibir vaginanya
    aq udah ngerasain dari smp.
    dulu udah pernah saya periksa kedokter kata dokter ini cuman benjolan biasa bukan kangker. katan dokter klo mengganggu dioperasi klo gx dibiarkan saja. cuman setalah aq nikah yg aq rasain kadang benjolannya tu kayak kaku gitu mb. padahal dulunya biasa aja kayak daging lemes gitu. tolong dong mb ani kasih solusinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. assalamuallaikumusalam mba sri....
      kalau saran saya, ke dokter lagi aja mba, syukur2 ke dokter lain sbg second opition
      apalagi sekarang benjolannya sdh berubah ya...
      semoga baik2 aja ya mba....

      Delete
  138. Ass Mbk Ani ..saya mau cerita . Saya habis operasi sejenis btrolin . Kemarin .. dan Skrng udh pulang .. tapi masih keluar warna putih Gitu d vagina saya .. dan berapa hari ya bisa beraktivitas normal lagi .. tapi Skrng vagina kU masih bengkak tapi sedikit aja apa efek jahitan ya ya .. saya takut . Kalau harus operasi lagi . Karena tidak ada keluarga Yg menemani d RS . Saya merantau soalnya .. dan setelah operasi boleh mandi kah .. mohon infonya Mbk seputar Mbk selesai operasi 😌 . Oh ya saya di suruh pakai kasa pakai betadine sama dokter tempel d vagina Trus pakai Softek apa Mbk juga Gitu ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. assalamuallaikumusalam mba putry....gmn kabarnya? pasti sekarang sdh sehat ya mba..
      itu sama persis waktu saya operasi yg kedua. bengkak nya karena luka jahitan yg belum sembuh benar. juga masih mengeluarkan sisa cairan didalamnya, berupa cairan putih. juga darah, makanya disuruh pakai kasa. saya malah 5 hari dirumah masih pakai kateter, dilepas sama dokter waktu kontrol. semoga ngga ada yg ngalami seperti saya, bawa2 kateter ribet banget hehe...

      Delete
  139. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  140. Assalamualaikum mba saya juga ada benjolan tapi bukan d bibir vagina melainkan d atas dinding vagina nya ukuran kcil tp aga keras setiap d pegang ga sakit. Udah nyoba k dokter kandungan tapi cuman d ksh tau kalo itu dr hormonnya atau alergi aja. Tp kalo mmbesar sruh k dokter kulit. Emang hubungannya sama nya sama benjolan yg d ats dinding vagina? Say bngung hrs k dokter apa

    ReplyDelete
  141. wa'allaikumusalam mba nisa....kalau sdh ke dokter, dan masih kurang yakin, coba konsultasi ke dokter kandungan yg lain utk second opinition mba
    kalau diagnosanya sama ya udah. aman. tapi kalau diagnosanya beda, cari dokter yg ketiga.
    semoga aman2 aja ya mba...

    ReplyDelete
  142. Mbk sya mau tanya. Sya jg ada benjolan di kanan. Tp benjolannya kadang ada kadang hilang. Ga sakit ga bau. Udh 2 thn. Apa sama ya gejalanya sama mbk any ?

    ReplyDelete
  143. Assalamualaikum... Mbk Ani saya jg ada benjolan tp didalam vagina dan keras KLO di raba,dan jg membesar KLO perut sebelah kanan LG nyeri,KLO LG ga nyeri rada kempes apa itu sama gejalanya sama MBK Ani....mksih MBK atas infony

    ReplyDelete
  144. Mbk ani say ingin bertaya apa ada gejala yg pn rasa.kan ... Soalx saya merasakn wktu Hb sam sumami kelur lendir. Campur darah mbk tpi ndak nyeri tpi seaudh Hb nyeri sedikit dibagian bwah perut dan di dlm vagina q juga seprrty benjola jika pas jongkok akn terasaa bsr jika sedng dikerutkan mf akn hilang ini tepax di vagina pas mbk apasarnx say takutsy jug sterss klau gni truss ... Apa itu bejolan atau bukn aq gtw mbk soalx keburu takut

    ReplyDelete
  145. Assalamualaikum mba ani, ,saya punya benjolan juga seperti mba ani ,tp sebelah kiri, ,bisa minta FB atau Instagram kah ? Aku mau nanya bnyak sm mba ani. .Trimksih sblmnya ..

    ReplyDelete
  146. Mbak ani..saya ada benjolan jg dibibir vagina kiri..lembut teksturnya..pnya saya kecil kyk kacang ijo...itu ga sakit...

    Apa itu kista yg spt mbak alamin

    ReplyDelete